Jakartahotnews.com – Aksi warga Cileungsi, Bogor menghadang puluhan truk sampah DKI membuat Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tersinggung.

Ahok langsung mengadukan tindakan Pemerintah Kabupaten Bogor ini kepada Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Tito Karnavian. Menurut Ahok, tindakan Pemkab membatasi waktu operasional truk sampah Jakarta di jalur Cileungsi, adalah mencerminkan tindakan penekanan dan tidak perlu dilakukan.

“Saya mau bilang itu sama Kapolda,” ujar Ahok di Balai Kota DKI, Jumat 6 November 2015.

Ahok berpedoman kepada keberadaan program ‘Lima Tertib’ yang dicanangkannya bersama Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya. Selain mengatur upaya mewujudkan ketertiban ber- lalu lintas, hunian, pembayaran pajak dan aksi unjuk rasa, program tersebut juga mengatur tentang upaya ketertiban dalam penanganan sampah di Jakarta.

“Kita diskusikan dengan Kapolda maunya apa. Yang jelas, saya sudah mencanangkan, ada yang namanya Lima Tertib di Jakarta. Ini yang mau kita bereskan,” kata Ahok.

Sebelumnya, Ahok menuduh bahwa tindakan Pemkab Bogor adalah upaya menekan Pemerintah Provinsi DKI dengan gaya ‘preman’.

Sebelumnya truk-truk sampah DKI dihadang warga dan LSM pada Senin lalu, 6 November 2015. Penghadangan dilakukan di Jalan Transyogi, Cileungsi. Pada hari Senin saja, penghadangan menyebabkan 6.500 ton sampah Jakarta terbengkalai.

Penghadangan terus berlangsung hingga Rabu, 4 November 2015. Aksi penghadangan baru berakhir setelah Sekretaris Daerah DKI Saefullah dan Kepala Dinas Kebersihan DKI Isnawa Adjie menemui Bupati Bogor di Cibinong.

Usai pertemuan, penghadangan tidak terjadi lagi. Namun, pengangkutan sampah menjadi dipersyaratkan hanya bisa dilakukan pada malam hari.

Sebagai informasi, berdasar nota kesepahaman, waktu pengangkutan sampah melewati jalur Cileungsi sebelumnya diatur pada siang hari. Truk-truk sampah Jakarta diperbolehkan melewati Jalan Transyogi di jalur itu antara pukul 06.00 hingga 21.00 WIB. Sementara, untuk jalur Bekasi Barat, waktu yang diperbolehkan adalah antara pukul 21.00 hingga 05.00 WIB.

Selain itu Ahok juga mensinyalir bahwa ada kepentingan bisnis terkait penghambatan truk truk sampah jakarta.

” sebelumnya tidak terjadi, setelah kita tidak memkai truk swasta mulai kelihata. Ada apa?” Ujar Ahok.

Tag:
Publish on Desember 10th, 2015 under Nasional by redaksi | Komentar Dinonaktifkan pada Truk Sampah Dihadang Warga Bogor, Ahok Ngadu ke Polda Metro Jaya

Komentar telah ditutup.