Banjir Di Jakarta

Banjir Di Jakarta

Jakartahotnews.com Tinggi permukaan air di Bendungan Katulampa hingga pukul 18.00 telah mencapai 250 sentimeter. Ketinggian air tersebut mengambarkan bahwa debit Sungai Ciliwung Hulu sudah dalam posisi siaga I atau tingkat siaga tertinggi karena hujan deras mengguyur wilayah Bogor, Jawa Barat, sejak Senin (4/3) siang.

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperkirakan dengan tinggi debit air hingga 250 cm kemungkinan banjir akan datang lebih besar dibandingkan pada 15 Januari 2013 lalu. Sebab pada pada 15 Januari 2013 yang lalu tinggi permukaan air B di Bendungan Katulampa hanya mencapai 210 sentimeter. “Ini lebih tinggi dari 15 Januari lalu,” kata Sutopo, Senin (4/3).

Selanjutnya menurut Sutopo, batasan siaga I adalah lebih dari 200 sentimeter. Dengan kondisi level siaga tertinggi itu, maka kewenangan pengendaliannya langsung menjadi wewenang Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PU. Diperkirakan pada Selasa (5/3) dini hari yaitu sekitar pukul 03.00?05.00 air bakal menggenangi permukiman sekitar Sungai Ciliwung.

Ia menyebut, daerah yang berpotensi terkena banjir yakni di daerah sekitar bantaran Sungai Ciliwung seperti di Jakarta Timur Kelurahan Cililitan, Cawang, Bidaracina, Kampungmelayu, dan Kebonmanggis. Di Jakarta Selatan seperti di Kelurahan Rawajati, Kalibata, Pengadegan, Kebonbaru, dan Bukitduri.

BNPB juga telah melakukan koordinasi dengan BPBD DKI Jakarta. Kepala BNPB telah memerintahkan tim reaksi cepat untuk melakukan langkah-langkah antisipasi dengan menyiapkan logistik dan peralatan pada titik rawan banjir. “Kita sudah koordinasikan dengan pemerintah setempat. Warga diminta untuk waspada,” imbaunya.

Publish on Maret 4th, 2013 under Jakarta Terkini by redaksi | Komentar Dinonaktifkan pada Warga Jakarta Diminta Waspada, Jakarta Akan Banjir Besar Lagi ?

Komentar telah ditutup.