Jakartahotnews.com – Untuk mencegah tragedi kecelakaan KRL di Bintaro terulang kembali, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI meminta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mempercepat pembangunan jalur kereta layang atau elevated rail. Sebelumnya Wapres Budiono saat mengunjungi korban kecelakaan KRL Bintaro di RS Dr Suyoto mengatakan bahwa pembangunan jalur kereta layang tidak bisa diwujudkan dalam waktu singkat.

Beda dengan Pemprop DKI Jakarta. Basuki T Purnama, Wakil Gubernur DKI Jakarta meminta agar jalur kereta layang atau elevated rail dibangun secepat mungkin atau setidaknya dalam dua tahun ini. Hal tersebut diungkapkan Basuki di Balaikota, Selasa (10/12).

“Menhub mengatakan prosesnya bisa lima tahun, tapi kami meminta dibikin dua tahun selesai,” ujar Basuki T Purnama, Wakil Gubernur DKI Jakarta, di Balaikota, Selasa (10/12).

Jalur Layang Kereta Di Bangkok

Illustrasi :Jalur Layang Kereta Di Bangkok

Selanjutnya Basuki mengatakan jika rencana pembangunan jalur kereta layang dikebut menjadi 2 hingga 3 tahun ke depan, hal ini dapat mengurai kemacetan lalulintas di ibu kota, sedangkan sisi buruknya saat pembangunan sedang dikerjakan akan menyebabkan kemacatan sekira 67 persen hingga 70 persen.

Menurut Basuki, pihaknya sudah memberikan pandangan kepada Menteri Perhubungan (Menhub) EE Mangindaan, dan Menhub menyambut baik usulan percepatan pembangunan jalur kereta tersebut. Namun menurut Basuki adanya pembangunan . kereta layang atau elevated rail berdampak pada bertambahnya kemacetan. “Risikonya, kan, paling kami tidak dipilih lagi di Pemilukada DKI 2017,” tutur Basuki mengenai dampak buruk kebijakan tersebut..

Mengenai perlintasan sebidang jenis flyover dan underpass yang pembangunannya dimulai pada tahun depan , Basuki berpendapat hanya akan fokus pada titik-titik perlintasan kereta api yang tidak dilewati elevated loopline. Itu pun menurut Basuki harus disesuaikan dengan desain dan integrasi dengan moda transportasi monorel dan MRT.

Publish on Desember 10th, 2013 under Jakarta Terkini, Pembangunan by redaksi | Komentar Dinonaktifkan pada Pemprop DKI Jakarta Desak Kemenhub Bangun Jalur Kereta Layang

Komentar telah ditutup.