Tanggul Latuharhary Jebol kawasan menyebabkan Istana

Tanggul Latuharhary Jebol kawasan menyebabkan Istana Banjir

Jakartahotnews.com-Direktur Eksecutive LSM PPHE ( Perjuangan Hukum Politik Dan Ekonomi ) Jayamuddin Barus minta agar kepala balai besar wilayah sungai ciliwung cisadane, Imam Santoso ditangkap. Alasannya adalah Imam lalai atau tidak becus menjalankan tugasnya sehingga tanggul yang seharusnya dapat mengamankan kawasan istana dari banjir kini malah jebol dan menyebabkan harkat dan martabat bangsa dipertaruhkan disamping kerugian materil yang ada. Tidak hanya Imam kepala BBWS lainya juga harus diperiksa mengingat di Jakarta ada 13 Sungai yang seluruhnya diawasi oleh Derektorat Sumber Daya Air dari kementrian PU.

Barus menilai Imam tidak punya program yang nyata untuk melindungi daerah aliran sungai Ciliwung Cisadane dari bahaya banjir yang sering melanda Jakarta. Jangankan punya program peningkatan bendungan, pemeliharaan bendungan juga tak dilakukan sebagai mestinya, padahal setiap tahun anggran pemeliharaan tetap dialokasikan. Jebolnya tanggul Latuharhary yang menyebabkan kawasan istana , dan MH Thamrin banjir menambah kerugian yang tidak sedikit. Ini tentu harus bisa dipertanggungjawabkan oleh Imam.

Sebelumnya Gubernur Jakarta Jokowi menyatakan jebolnya tanggul Latuharhary disebabkan kurangnya perawatan atau kontrol terhadap bendungan. Begitu juga pernyataan mantan gubernur Jakarta Sutiyoso yang menyatakan bahwa perawatan? bendungan berada di pemerintah pusat bukan di pemda DKI Jakarta.

Tanggul BKB? diketahui jebol sejak Kamis (17/1/2013) pukul 10.00 WIB pagi. Tanggul jebol sepanjang 30 meter di sisi Jalan Latuharhary, Jakarta Pusat. Akibat jebolnya tanggul, air yang ditampung BKB melimpah, tumpah ruah ke Jalan Teluk Betung dan Tosari. Aliran air akan sampai ke Jalan Thamrin dan Jalan Sudirman.

Tanggul jebol tersebut merendam rel kereta api arah ke Stasiun Tanah Abang dan Manggarai. Akibatnya, kereta api Tanah Abang-Depok, Tanah Abang-Manggarai, tidak dapat beroperasi.

Selain itu, jebolnya tanggul tersebut juga berdampak pada Jalan Teluk Betung menuju Tosari, belakang Bunderan Hotel Indonesia, Jalan Sudirman, dan Jalan Thamrin yang tergenang oleh air.

Publish on Januari 19th, 2013 under Berita Utama, Jakarta Terkini by redaksi | Komentar Dinonaktifkan pada LSM PPHE Minta Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane, Imam Santoso Ditangkap

Komentar telah ditutup.