Kebun Bibit Kp.Dukuh Jakarta Timur

Kebun Bibit Kp.Dukuh Jakarta Timur

Terkait Pembangunan Kebun Bibit Kampung Dukuh Jaktim Sarat Penyimpangan, Inspektorat Didesak Periksa Kasudin Pertamanan Jakarta Timur.

?jakartahotnews.com Pembangunan sarana prasarana Kebun Bibit Nursery Kampung Dukuh, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur bernilai ratusan juta rupiah diduga sarat penyimpangan. Pasalnya pembangunan sarana prasarana Kebun Bibit Nursery Kampung Dukuh dikerjakan akhir Bulan Januari 2013. Padahal mengacu pada dokumen anggaran satuan kerja kegiatan tersebut seharusnya dikerjakan di Bulan April tahun 2012.

Oleh karenanya didesak segera Inspektorat Pembantu Kota Administrasi Jakarta Timur segera periksa Kepala Suku Dinas Pertamanan Jakarta Timur.

Demikian desakan Herry, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Sentra Informasi Rakyat Membangun (LSM SIRAM) terkait pembangunan sarana prasarana Kebun Bibit Nursery Kampung Dukuh Jakarta Timur yang dikerjakan hingga berakhirnya tahun anggaran 2012.

?Irbanko harus periksa Kasudin Pertamanan Jakarta Timur,?desak Herry.

Menurutnya, pelaksanaan kegiatan yang telah dianggarkan tahun anggaran 2012 dikerjakan di tahun anggaran 2013 melanggar Peraturan Pemerintah (PP) RI No. 58 tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah dan Keputusan Menteri Dalam Negeri (Kepmendagri) RI No. 13 tahun 2006 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah pasal 21 yang menyatakan, 1 (satu) tahun anggaran pendapatan dan belanja daerah dari mulai 1 Januari sampai dengan 31 Desember.

Sementara itu dikerjakannya pembangunan sarana prasarana Kebun Bibit Nursery Kampung Dukuh Jakarta Timur di Bulan Januari 2013 tidak diketahui sumber anggarannya. Karena APBD Provinsi DKI Jakarta tahun 2013 masih di proses di Kementerian Dalam Negeri.

Tambah Herry, ketika diklarifikasi kegiatan pembangunan sarana prasarana Kebun Bibit Nursery Kampung Dukuh Jakarta Timur kepada Kasudin Pertamanan Jakarta Timur tidak ditanggapi. Bahkan Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman Provinsi DKI Jakarta yang dilaporkan permasalahan tersebut hanya berujar,?Tks pak, sy cari wkt utk cek lokasi (jangan dikabari dulu). Terima kasih pak atas masukannya. Utk Jaktim memang sdh lama jd perhatian dan keprihatinan sy, dan akan makin sy tekankan?.

Ucapan Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman Provinsi DKI Jakarta tersebut merupakan sikap yang kooperatif, namun ditenggarai ikut serta mendukung penyimpangan yang terjadi. Kegiatan yang seharusnya diperintahkan untuk tidak perlu dilaksanakan karena sudah lewat tahun anggaran, namun dikerjakan,kata Herry.

Indikasi Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman Provinsi DKI Jakarta ikut serta mendukung, penyimpangan terkait dikerjakannya pembangunan sarana prasarana Kebun Bibit Nursery Kampung Dukuh, Jakarta Timur di Bulan Januari 2013. Selain itu, tidak ada evaluasi dan sangsi yang diberikan kepada pimpinan unit kerja maupun Kepala Seksi Sarana Prasarana Suku Dinas Pertamanan Jakarta Timur.

Mantan aktivis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) era reformasi ini menambahkan, seharusnya kegiatan pembangunan sarana prasarana Kebun Bibit Nursery Kampung Dukuh, Jakarta Timur dibatalkan dan anggarannya dijadikan sisa lebih perhitungan anggaran (SILPA) pada kolom pendapatan perbelanjaan APBD tahun 2013.

Publish on Maret 18th, 2013 under Jakarta Terkini by redaksi | Komentar Dinonaktifkan pada Inspektorat Didesak Periksa Kasudin Pertamanan Jakarta Timur

Komentar telah ditutup.