ad

Pesawat Yang Buat Batavia Air Pailit

Pesawat Yang Buat Batavia Air Pailit

Jakartahotnews.com-Sehubungan putusan pailit majelis hakim Pengadilan Niaga Jakarta Pusat terhadap maskapai penerbangan Batavia Air maka kegiatan operasional bisnis penerbangan Batavia Air ditutup mulai pukul 00.00 31 Januari 2013. Hal tersebut disampaikan Public Relations Manager Batavia Air, Elly Simanjuntak, melalui keterangan resminya. “Pengadilan Niaga Jakarta Pusat telah menunjuk empat kurator,” kata Public Relations Manager Batavia Air, Elly Simanjuntak, melalui keterangan resmi, Rabu, 30 Januari 2013.

Sebelumnya Batavia Air digugat pailit oleh International Lease Finance Corporation (ILFC) yang berkantor pusat di Amerika Serikat. Perusahaan penyewaan pesawat itu memiliki dua Airbus 330. Gugatan pailit tersebut terkait ketertarikan Batavia Air untuk mengambil pesawat jenis pesawat wide body Airbus 330 untuk angkutan penerbangan jemaah haji. Namun proyek angkutan haji tak kunjung didapat, bahkan selama tiga tahun berturut-turut Batavia Air tidak mendapatkan proyek haji, sehingga menunggak pembayaran utang sebesar 4,69 juta dolar AS.

Disebutkan ILFC melayangkan permohonan pailit kepada Batavia Air ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat pada 20 Desember 2012 karena tak mampu membayar utang 4,69 juta dolar AS. Kemudian pada tanggal 30 Januari 2013 majelis hakim Pengadilan Niaga Jakarta Pusat akhirnya menjatuhkan putusan pailit bernomor No. 77/pailit/2012/PN.NIAGA.JKT.PST.

Saat ini Pengadilan Niaga Jakarta pusat telah menunjuk kurator yang membantu menangani urusan dari dampak penutupan usaha Batavia Air. Mereka adalah Turman Panggabean dan Andra Reinhard Sirait dari firma Duma & Co., Permata N. Daulay dari firma Daulay & Partners, serta Alba Sukma Hadi dari firma Sukma & Partners.

Para kurator tersebut akan membantu menangani urusan dari dampak penutupan usaha Batavia Air. Tim kurator yang dipilih Pengadilan Niaga Jakarta Pusat akan menangani berbagai dampak diberhentikannya kegiatan bisnis Batavia Air, termasuk urusan refund atau endorse tiket penumpang, kargo, pajak, penyelesaian masalah karyawan, serta mitra seperti agen travel dan kreditur.

“Para penumpang yang sudah memiliki tiket Batavia Air dan belum terbang bisa melapor ke kantor perwakilan Batavia Air,” ujarnya. Para penumpang bisa melakukan pencatatan proses refund yang akan dibawa kepada tim kurator.

Seluruh karyawan Batavia Air, menurut Elly, mulai 31 Januari 2013 diberhentikan secara hormat, kecuali yang ditunjuk sebagai tim pemberesan. Semua kewajiban karyawan yang diberhentikan akan diurus oleh tim sumber daya manusia kepada kurator, sesuai Undang-Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 tahun 2003 pasal 165.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Herry Bakti Singayuda Gumay, mengungkapkan Batavia Air digugat pailit oleh International Lease Finance Corporation (ILFC) yang berkantor pusat di Amerika Serikat. Perusahaan penyewaan pesawat itu memiliki dua Airbus 330.

Sementara itu Kuasa hukum Batavia Air, Raden Catur Wibowo, mengakui putusan tersebut tepat bagi Batavia. Ia menilai langkah kasasi berat untuk dilakukan. Catur menilai putusan kepailitan tersebut akan mendorong leasor menarik pesawat-pesawat mereka. “Kalau sudah ditarik apa yang mau dioperasikan? Sebagian besar sudah ditarik sisa 14 pesawat dari 31 armanda,” jelasnya.

Tag:
Publish on Januari 31st, 2013 under Berita Utama, Ekonomi by redaksi | No Comments »
Selamat Datang Bos , tolong dikomentari berita ini dengan sopan


+ sembilan = 14

ad